Skip to the main content

Sambutan

Rektor

Prof. Dr. Ir. H.M.Saleh Pallu, M.Eng

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa terhanturkan atas kebaikan dan keberkahan dalam menghidupkan nafas dan langkah seluruh civitas akademika Universitas Bosowa. Atas izin-Nya jugalah, Universitas Bosowa yang awalnya berada di bawah payung Yayasan Andi Sose sebagai Universitas 45 yang berdiri sejak tahun 1986 dan beralih kelola ke Yayasan Aksa Mahmud pada tahun 2015 .

Seiring perjalanan panjang, pengembangan terus dilakukan untuk mewujudkan keluaran dan hasil yang sesuai dengan pilar pengembangan Universitas Bosowa. Akademik atmosfir pun terus dijaga agar terciptanya proses pendidikan yang efektif dan kondusif sesuai dengan pengembangan industri pendidikan saat ini.

Tentunya hal ini diselimuti rasa syukur atas transformasi secara Universitas 45 menjadi Universitas Bosowa (Unibos) berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam Nomor 69/KTP/I/2015 dengan berbagai peningkatan dalam segala bidang sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, rasa bangga atas pencapaian akreditasi institusi B telah diperoleh Universitas Bosowa berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 473/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015 yang berlaku hingga 23 Mei 2020 ini selanjutnya memotivasi kami civitas akademika Universitas Bosowa untuk meraih nilai akreditasi A insya Allah pada 2019 mendatang. Untuk mencapai hal tersebut berbagai pembenahan telah kami lakukan, termasuk dengan penambahan jumlah program studi sesuai kebutuhan industri dan masyarakat, mewujudkan program studi terakreditasi A salah satunya sebagai awal diwujudkan oleh Prodi PWK, meningkat drastisnya jumlah mahasiswa dari seluruh penjuru, pengembangan pendidikan dengan melakukan kerjasama mitra tidak hanya dalam tingkat nasional tetapi juga kanca internasional dan berbagai kegiatan pendukung yang berada pada rana lebih luas.

Pada tengah zaman yang terus berkembang, dengan kuantitas perguruan tinggi di penjuru negeri bahkan di seluruh dunia yang terus meningkat, maka akreditasi dan peringkat institusi tidak bisa dipandang sebelah mata. Secara langsung, hal ini yang akan menunjukan kualitas perguruan tinggi hingga mampu menghasilkan alumni-alumni berkualitas. Alhamdulillah saat ini Universitas Bosowa telah memasuki peringkat 94 PT Terbaik menurut Webometric, Peringkat 106 berdasarkan lama  4ICU dan Peringkat 105 menurut Kemenristek Dikti sesuai dengan klasifikasi cluster.

Kami berharap dukungan dalam pengembangan untuk emamjukan Universitas Bosowa sebagai Perguruan Tinggi Swasta percontohan dan terbaik di Indonesia Timur dapat kami wujudkan.