Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bosowa dibentuk bukan hanya untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetapi juga membentuk mahasiswa menjadi lebih kokoh, kuat dan tangguh hingga menjadi mahasiswa yang mampu berwawasan luas, menjadi tokoh nasional, memahami teknologi informasi dan memiliki jiwa kewirausahaan seperti pilar Universitas Bosowa. Oleh Karena itu, beberapa UKM dibentuk di Universitas Bosowa yang diserahkan langsung kepada masing-masing ketua UKM untuk mengorganisir UKM yang dijalankan tersebut dan dinaungi oleh Biro Kemahasiswaan Universitas Bosowa. UKM tersebut juga didukung dengan tersedianya ruang UKM ditempat yang telah ditentukan dengan luas ruangan yang memadai.

Beberapa UKM yang ada di Universitas Bosowa antara lain yaitu :

  1. UKM English Meeting, ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan minat dan bakat berbahasa asing (Bahasa Inggris).
  2. UKM PMKO (Persatuan Mahasiswa Kristen Oikumene), ditujukan untuk membentuk dukungan bagi mahasiswa kristen Universitas Bosowa agar tetap dapat dengan baik menjalankan ibadah sesuai agama dan menjaga persatuan dan kesatuan serta toleransi bagi mahasiswa dengan agama yang lainnya.
  3. UKM Taekwondo, ditujukan untuk melatih mahasiswa memiliki fisik yang kuat dengan gerakan-gerakan tertentu yang dapat membantu mahasiswa menjaga kebugaran tubuh dan mengukr prestasi dibidang beladiri.
  4. UKM KSR PMI, ditujukan untuk mengembangkan kemampuasn mahasiswa dalam bidang medis dengan bekerjasama PMI Kota Makassar.
  5. UKM BIT (Bosowa Information Technology), ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan minat dan bakat dalam bidang teknologi informasi.
  6. UKM Litimasi, ditujukan untuk meningkatkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang penelitian dan pengembangan program kreativitas mahasiswa (PKM).
  7. UKM Kewirausahaan, ditujukan untuk membantu mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang membangun usaha dan bisnis-bisnis tertentu.
  8. UKM Manuver, ditujukan untuk mendukung mahasiswa anti narkoba dengan bekerjasama BNN Sulawesi Selatan.
  9. UKM SAR, ditujukan  untuk membantu mahasiswa yang memiliki minat dalam bentuk memberikan tenaga dan bantuan secara sukarela bagi mereka yang membutuhkan.
  10. UKM Jurnalistik, ditujukan untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang jurnalis seperti, penulisan berita, pengolahan konten publikasi internal dan eksternal, juga fotografi.
  11. UKM LKM (Lembaga Kesenian Mahasiswa), ditujukan sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni, seperti seni suara, seni tari, seni musik dll.
  12. UKM LDK Al-Furqon, ditujukan khusus untuk gabungan mahasiswa agama islam di Universitas Bosowa untuk tetap menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan keagamaan tersebut.
  13. UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), ditujukan khusus pengembangan bakat dan minat dalam bidang kepemimpinan.
  14. UKM Olahraga, ditujukan khusus mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang olahraga seperti Futsal, Basket, Bulutangkis, Volly dll.