Admin bar avatar
Prof. Dr. Ir. H.M.Saleh Pallu M.Eng

Rektor Universitas Bosowa Makassar

Pendidikan menjadi corong terbaik dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan di tengah hingar bingar globalisasi. Melalui Tri Dharma pendidkan, perguruan tinggi menjadi terdepan didalam merawat dan melahirkan sumber daya manusia berkualitas. Hal tersebut pun dimulai dengan era baru Universitas Bosowa dibawah naungan Yayasan Aksa Mahmud yang diambil alih dari Universitas 45 yang berada dibawah naungan Yayasan Andi Sose. Pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 2013 lalu, H.M Aksa Mahmud selaku Founder Bosowa Corporation secara resmi mengambil ahli pengelolahan Universitas 45 menjadi Universitas Bosowa (Unibos)

SAMBUTAN

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa terhanturkan atas kebaikan dan keberkahan dalam menghidupkan nafas dan langkah seluruh civitas akademika Universitas Bosowa di muka bumi ini. Kesyukuran ini merupakan bentuk kesiagaan dan kesiapsediaan kami untuk mengemban nama besar BOSOWA dalam merajut mimpi-mimpi untuk turut andil dalam bidang pendidikan dengan maksud mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, rasa bangga atas pencapaian akreditasi institusi B telah diperoleh Universitas Bosowa berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 473/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015 yang berlaku hingga 23 Mei 2020. Pada tengah zaman yang terus berkembang, dengan kuantitas perguruan tinggi di penjuru negeri bahkan di seluruh dunia yang terus meningkat, maka akreditasi institusi tidak bisa dipandang sebeluh mata. Secara langsung, hal ini yang akan menunjukan kualitas perguruan tinggi hingga mampu menghasilkan alumni-alumni berkualitas. Pencapaian ini menunjukan bahwa Universitas Bosowa sedang dalam mempersiapkan diri dan siap hadir sebagai perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri yang namanya telah lebih dulu mashyur di Indonesia.

Berbagai kemudahan mengenai pengaksesan informasi berkenaan dengan kampus juga telah kami sajikan. Sejak tahun 2015 lalu, kami telah memberlakukan sistem registrasi online kepada para calon mahasiswa baru. Optimalisasi pemanfaatan website universitas sebagai pusat informasi yang valid pun telah kami lakukan, juga dipadukan dengan pengolahan media sosial sebagai media penyebar informasi sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini. Hingga hari ini, regulasi penginputan data secara bersama dan tepat waktu sedang kami usahakan dan telah memberlakukan akademik termasuk sistem absensi mahasiswa yang berbasis online. Kami menyadai bahwa membuka diri, menjalin kerjasama, belajar dari pihak-pihak lain menjadi sumbangsih yang bisa kami lakukan dalam upaya turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa. Hingga hari ini, unibos telah membangun kerjasama dengan berbagai mitra dari unsur pemerintahan, dunia industri dan kemasyarakatan baik secara lokal, nasional dalam hingga luar negeri. Dirgahayu Universitas Bosowa, semoga keberkahan senantiasa menyertai langkah kita semua. Amin.

Pendidikan saat ini pun menjadi corong terbaik dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan di tengah hingar bingar globalisasi. Melalui Tri Dharma pendidikan, perguruan tinggi menjadi terdepan di dalam merawat dan melahirkan sumber daya manusia berkualitas. Terlebih, pada tanggal 6 Februari 2015 di Bali, Unibos berhasil meraih The Best Leading University Award. Penghargaan ini diberikan oleh Indonesia Achievement Center (IAC) atas perubahan yang telah mampu diperlihatkan secara signifikan dalam waktu yang singkat. Dalam perkembangannya pun, Unibos diberi beberapa penghargaan baik dalam lingkup pendidikan, kemasyarakatan maupun lingkup lainnya.

Sebagai jawaban atas kebutuhan zaman, Unibos saat ini telah meningkatkan mutu Program Studi dengan pencapaian perubahan beberapa Prodi menuju akreditasi B. Saat ini Unibos juga sedang berproses untuk penambahan prodi baru yaitu Program S1 Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Ekonomi Syariah, dan Program S2 Agroteknologi, serta Program S3 Perencanaan Wilayah Kota. Penambahan prodi ini juga dibarengi dengan proses perbaikan secara internal terhadap program studi yang sudah ada. Visi Unibos untuk menjadi Universitas unggul yang melahirkan tokoh nasional, berjiwa entrepreneur, berbasis teknologi informasi (IT), dan berwawasan global pun terus dijabarkan ke seluruh sivitas akademika.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Unibos terus berusaha membuktikan eksistensinya dengan menjajaki berbagai kerjasama nasional maupun internasional, serta peningkatan kegiatan dan prestasi mahasiswa. Bosowa dengan 55 unit bisnisnya yang tersebar di seluruh Indonesia memberikan kemudahan untuk mahasiswa Unibos pada khususnya untuk magang dan berkarir setelah masa studinya selesai. Salah satu sistem yang dibenahi berkaitan dengan hal ini adalah pemberlakuan tes psikologi untuk mahasiswa yang telah memasuki semester tujuh. Tes psikologi merupakan seleksi dasar yang diberlakukan oleh Bosowa dalam perekrutan karyawannya. Hasil inilah yang nantinya akan dijadikan bank data agar mampu menjadi pertimbangan tersendiri bagi unit bisnis Bosowa untuk menjaring luaran Unibos.